Yuke, Jebolan AFI 3 Punya Studio

Eh, kalian tahu Akademi Fantasi Indosiar (AFI) tidak sih? Itu lo kompetisi menyanyi pertama di Indonesia yang diadakan Indosiar. Nah, tahu ya? Toss, berarti kita satu zaman. Paling berkesan sih memang AFI 1. Ya karena termasuk acara baru dan masih belum tahu arahnya mau di bawa ke mana. Setiap minggu saya menonton acara itu. Begitu ada yang tereliminasi, ikut sedih. Tak hanya itu, setiap sore juga nonton Diary AFI. Kalau tidak nonton, biasanya agak bete.

AFI 1 yang ngehits itu

Saya masih ingat, pemenang AFI 1 itu Fery AFI. Semua nama peserta diberi embel-embel AFI dan tayangan ini hits sekali pada zamannya. Sampai-sampai waktu RINI AFI tereliminasi, saya sakit. Wkwk.. Lebay ya. Nah, saya memang ngefans sama RINI AFI, sampai saya berlangganan tabloid remaja, menggunting gambar-gambar yang berkaitan dengan AFI. Lalu menyimpannya di sebuah kotak. Sampai sekarang gambar-gambar itu masih ada. Hebat ya. 

Bikin nostalgia nih tulisan ini

Sayangnya gema AFI hanya sampai season ketiga. AFI 4 saya bahkan tidak menonton sama sekali. Menulis artikel ini bikin saya nostalgia sambil kepoin mereka lagi. Ah, seru sekali rasanya. Setelah AFI, bermunculanlah kompetisi menyanyi lain.

Eh kepo gak sih mereka sekarang pada ke mana? Mau saya bisikin sesuatu tidak? Kebetulan tanpa sengaja saya bertemu salah satu jebolan AFI 3 lo, sempat berbincang-bincang dan foto bareng juga. Awalnya sih tidak sadar, cuma bertanya-tanya, wajahnya familiar sekali. Begitu disebut kalau jebolan AFI 3, saya langsung antusias.
Nah lo masih ingat tidak?

Yuke AFI 3. Akhirnya bocor juga namanya. Jadi Yuke AFI sekarang sibuk apa ya? Ah, embel-embel AFI masih sangat lekat. Bagaimana kalau sebut Yuke saja? Yes. Terimakasih karena setuju. Yuke Elvandari sudah bersuami (dan tentu saja punya anak yang lucu). Yuke sekarang berpartner dengan suaminya mendirikan bisnis studio foto, jasa fotografi, dan sejenisnya. Apa? Mainstream? Yah, kan saya belum bercerita kok sudah bilang seperti itu?

Yuke dan suami (kredit: Yuke)

Surya Maxima Photography (Sumax) namanya. Bertempat di Jalan Purnawirawan No. 56, Gedong Meneng, Rajabasa, Kota Bandar Lampung, saya digiring berimajinasi dalam mimpi-mimpi pasangan orang hits Lampung. Mungkin bagi sebagian besar orang studio foto begitu-begitu saja, tidak ada yang spesial. Loh Sumax berbeda. Konsepnya saja beragam, ada yang pakai background 3D yang biasanya ditemui waktu pameran. Ada banyak ruangan di dalam Sumax dan konsepnya beragam. Konsumen bisa memilih ruang mana yang sesuai dengan konsep. Mau foto keluarga, preweding indoor, foto bersama sahabat, foto bersama pacar, atau foto untuk promosi album, atau untuk apa saja, bisa. 


Satu lagi, bisa juga foto yang menampung 200 orang. Nah lo. Saya kebayang saja banyak foto studio memilih tutup, Sumax justru dengan percaya diri mengibarkan benderanya di tengah-tengah geliat banyaknya lahir fotografer baru dengan kamera DSLR bahkan mirrorless. Memang dilema banget. Banyak sekali fotografer muda kini. Fotografer dadakan pun melimpah apalagi dengan kecanggihan teknologi terkini, handphone pun bisa menghasilkan foto keren.

Berpose si studio Sumax

Berdiri sejak 2013, Sumax membuktikan eksistensinya dalam dunia fotografi dan videografi. Tak heran sih kalau pendirinya berjiwa muda, akan selalu ada gebrakan dan inovasi-inovasi terkini. Setiap enam bulan juga ada desain terbaru di studionya. Apalagi Sumax udah ada cabangnya lo. Apalagi visi misinya ingin membuat perubahan di Lampung. "Sedih rasanya jika Lampung selalu disebut-sebut sebagai penghasil begal dan pembantu rumah tangga," ujar Bayu. Yuke pun setuju.

Apa inovasinya sih? Sumax juga mengadakan pelatihan dan workshop fotografi juga merangkul pemuda Lampung. Eh, Yuke dan Bayu sedang menggodok acara dengan hastag #Lampunglebihkece yang rencananya akan berkolaborasi dengan Macnakreative (Keenan Pearce dan Ernanda Putra). Entah kapan, yang jelas saya kepo berat. Oke, agar tidak kepo sebaiknya saya tidak bahas itu.


Jadi, sekarang Yuke jebolan AFI 3 jadi pengusaha hits di Lampung? Iya, betul. Minimal saya lega, tahu salah satu jebolan AFI tak menghilang begitu saja. Iya kan? Dannnn dengan berfoto bersama artinya saya akan ikutan hits (Uwan Urwan)

19 comments:

Deddy Huang said...

Terus aku jebolan mana :'(

Pasti jamu nulisnya sambil muter lagu menuju puncak.. gemilang cahaya...

hastari sugesti said...

Ciee uwan hits banget ke sumax

Kurnia amelia said...

Cieee yang foto-foto di Sumax ��

uwanurwan said...

jebolan ayah dan ibu kakak.....


Ahahah.. Masih inget juga y.. Pasti kak deddy juga AFI loversss ya

uwanurwan said...

Hitss pake bangett

uwanurwan said...

Yooeet dong kakak

Elisa Koraag said...

Nggak nyangka saya bisa berkawan dengan Uwan yang ngehits itu. Terima kasih sudah mau berteman dengan saya ya.

Enny Mamito said...

AFI jadul banget, kak.. Saya sudah lupa pesertanya mana aja :D

uwanurwan said...

ngoahahah Mbak Ichaaa.. kangen nih....

uwanurwan said...

wkwk.. ngetss jadulnya... yang jadul suka bikin kangen gt....

Mirwan Choky said...

Kalau dengar-denger tentang AFI kok jadi teringat Maia ya.

Tanti Amelia said...

Tanya dong Uwan, kenapa ga sekalian aja undang para mantan jebolan AFI buat reuni dan foto bersama di studionya

Sie-thi Nurjanah said...

Hits sekali, kakak yg satu ini
saya juga sempet gemar bgt nonton Afi tp udahan sampe yg kedua

Widya Dewi said...

Ih gk pernah ketinggalan tuh AFI. aaakkk. Kangen.

uwanurwan said...

ahahah..

uwanurwan said...

iya ya.. kludunya reuni di situ... mungkin pada sibuk masing2 mbak tan...

uwanurwan said...

ahahahha... iya.. sampe yang kedua ya yang paling hits.. ketiga udah mulai trurun....

uwanurwan said...

aku pernah.. kalo absen itu bete seharian... ahahah

icha pista said...

Cie cieee berarti kita satu zaman, mas..