Produk Lokal Kian Hits di Toko Online

Belanja online? Wah saya sudah melakukan kegiatan itu sejak tahun 2010. Meski tidak sesering perempuan yang hobi sekali belanja barang baru, saya tergolong pemilih untuk membeli barang. Seberapa sering pun pergi ke toko offline untuk melihat-lihat, jika tidak sesuai dengan selera pasti berujung dengan hanya makan saja di mall atau pergi ke toko buku melengkapi koleksi alat lukis.


Belanja produk UMKM lokal berkualitas kini bisa di blibli.com

Kebetulan saya sering sekali mengecek toko online untuk produk topi. Terakhir saya melihat-lihat koleksi topi saya hanya itu-itu saja. Kepengen beli blankon. Sebenarnya sudah lama sekali saya ingin punya topi tradisional yang satu ini. Nah, iseng-iseng buka blibli.com langsung kaget menemukan satu tas yang sangat familiar bertuliskan SMESCO. Are you sure? Produk Smesco sampai juga di blibli.com? Saya kira hanya bisa datang ke gedung SME Tower, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 94, RT.11/RW.3, Pancoran, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Ternyata tidak. Jika sebelumnya saya tinggal tak jauh dari pusat barang lokal Indonesia itu, kini sudah di Situbondo. Rasanya tak bisa sesering sebelumnya untuk keluar masuk membeli produk-produk mereka. Terakhir ke Smesco saya hadir untuk ikut workshop foto produk dan berpartisipasi dalam lombanya. Alhamdulillah melalui lomba tersebut, foto saya menjadi salah satu yang diunggulkan.


 

Sempat terhenti pencarian saya tersebab menemukan produk Smesco. Dari situ saya yakin jika blankon pasti ada. Dan benar saja saya menemukan blankon yang saya idam-idamkan. Agak sulit menemukan blankon di Situbondo, kecuali kain batik yang bisa dibuat manual menjadi blankon. Saya punya klain batik yang bisa dijadikan blankon, tapi berkali-kali gagal meskipun sudah menyaksikan tutorial berkali-kali melalui Youtube. Hingga teman-teman bilang kalau saya pakai "jilbab" bukan blankon. Jadi, untuk meminimalisir pembulian dan agar tidak ribet, saya harus punya "blankon siap pakai". Ketemu, tapi saya harus menunggu awal tahun depan untuk memesannya. Tak apalah, toh saya belum ada acara penting dalam waktu dekat.


Dengan membeli blankon artinya saya menyukseskan UMKM lokal di Indonesia




Kenapa saya percaya membeli produk ini di sini? Secara kualitas saya tahu produk Smesco tak dapat diabaikan. Produk-produknya didatangkan dari produsen lokal dari seluruh Indonesia lalu ditampung dan dipasarkan. Benar sekali, produk Smesco 100% produk kreatif asli Indonesia. Tak hanya dipasarkan di Indonesia, tapi juga ke beberapa negara. Artinya produk Smesco sudah memenuhi standar internasional. Nah, jadi bagus jika Smesco bisa bermitra dengan blibli.com. Saya tak perlu lagi repot harus ke Smesco lalu kembali lagi ke Situbondo. Cukup klik blibli.com dan temukan produk-produknya dan saya bisa membeli barang sesuai kebutuhan. Juga bisa membelikan barang untuk anggota keluarga. Barang bisa diantar ke rumah tanpa ongkos kirim. Blibli.com kan toko online terlengkap dan yang menjadi salah satu pelopor majunya toko online di Indonesia. Tentu saja menjadi produk kreatif 100% Indonesia yang mendunia.
 
Ssst, saya bukan sekali dua kali stalking blibli.com, tapi berkali-kali. Pada akhir bulan biasanya cuma bisa meringgis karena selalu ada penawaran menggiurkan, bisa kredit hingga cicilan 0%lah, ada diskon spesial pada akhir pekan, pada Rabu promo buat ibu-ibu, dan untuk pria ada promo Kamis Ganteng. Jika sudah tidak kuat godaan karena sedang mengalami kanker akut pada dompet, saya tutup aplikasi blibli.com. Kenapa? Soalnya gak kuku jika saya setiap bulan harus mantengin promo-promo yang membuat saya ingin menjual barang-barang lama lalu memborong barang-barang di blibli.com.

Sepatu perempuan ini terbuat dari kulit biawak sintetis

 Ada banyak pilihan produk, mulai dari handphone, pakaian, kamera, komputer, kesehatan, kecantikan, hobi, anak, otomotif, hingga kuliner. Tapi tetap saja sih, buat saya produk lokal dan barang antik menyimpan pesonanya tersendiri. Saya tergolong pecinta produk lokal dan barang antik. Meskipun tidak semua barang yang saya miliki berbau lokalitas,  tapi keunikan produk lokal tak tertandingi. Jika dibandingkan dengan produk impor, produk lokal hasil buatan tangan masyarakat Indonesia tak kalah bagus kualitasnya. Jangan salah, beberapa produk yang saya miliki justru awet dan cukup menjadi pusat perhatian. Misalnya pakaian batik atau suvenir unik berbau lokal. Beuh, sedap. Punya satu barang rasanya kaya dan bangga. Bangga membeli dan memakai produk lokal. Apalagi blibli.com sangat mendukung produk lokal Indonesia go international.


Kenapa produk UMKM sih? Kenapa bukan produk impor? Buat saya sih mainstream jika saya harus terpatok pada produk impor terlihat jauh lebih keren ketimbang produk handmade. Yes, UMKM di Indonesia rata-rata termasuk produk kerajinan tangan. Dibuat dengan tenaga manusia tentunya membutuhkan effort lebih banyak ketimbang produk mesin. Buat saya sih jika ada dua pilihan anatara dua produk, di mana salah satunya hasiul kerajinan tangan masyarakat Indonesia dan yang lain produk impor brand terkenal, saya akan pilih produk lokal saja. Kenapa sih?

Unik
 
Unik dan berkelas bukan tas ini?

Bicara unik tentu saja produk lokal itu istimewa. Tidak semua orang bisa membuatnya dan tidak setiap daerah memproduksi, misalnya kain batik. Kain batik saja memiliki ragam jenisnya kini, ada batik pekalongan, batik solo, batik situbondo, batik madura, dan batik-batik lain yang membawa ciri khas daerahnya. Kualitas? Ada berapa ribu orang sih yang mempertanyakan kualitas produk handmade, tapi justru berakhir dengan memilih produk impor. Beberapa orang tidak rela membeli produk lokal yang jelas lebih murah dibandingkan produk impor, tapi lebih bangga mengenakan produk impor. Tidak salah sih. Membeli barang apa saja itu pilihan setiap orang, tapi untuk menjadi unik itu pilihan cerdas

Berkualitas dan lebih murah
Percaya atau tidak, produk lokal Indonesia lebih murah harganya. Dengan kualitas yang sama dengan produk impor brand terkenal, harga barang sejenis, misalnya tas, berbeda jauh. Kenapa bisa begitu? Bisa. Biaya produksi tentu masyarakat Indonesia mengambil bahan mentah dari sekitar yang tidak membutuhkan alat transportasi jarak jauh, dikerjakan sendiri maupun oleh pekerja yang biasanya teman (tetangga, misalnya). Jika dikerjakan sendiri, artinya biaya untuk menggaji karyawan tidak ada. Berbeda dengan produk impor yang mengalami banyak proses. Beberapa brand terkenal justru mengambil bahan mentah dari Indonesia lalu diproses di negaranya. Barang jadi kemudian diangkut kembali ke Indonesia. Tentu saja prosesnya lebih berbelit. Otomatis harga jadi mahal, padahal kualitas tak jauh berbeda dengan produk lokal.

Membantu meningkatkan perekonomian daerah
Dengan membeli satu produk lokal, artinya saya membantu mempertahankan bisnis daerah. Meningkatkan nilai jual daerah tertentu dan membantu masyarakat sekitar tetap bertahan hidup. UMKM yang terus bertahan tak hanya membantu pemerintah mengatasi jumlah pengangguran yang kian banyak di Indonesia. Sangat sederhana sebenarnya tapi perbuatan kita justru membantu mereka yang membutuhkan. Pada akhirnya secara tidak langsung kita membantu memajukan perekonomian Indonesia dan memperbaiki kehidupan di berbagai daerah. Jika sudah begitu, setiap daerah terpicu untuk melakukan hal sama demi terciptanya masyarakat harmonis tanpa harus mendengar berita kemiskinan lagi yang melanda beberapa daerah di Insonesia.

Produk lokal kebanyakan handmade (kredit: indonesialegacy.my.id)
Dari situ saya sangat bersyukur blibli.com mewadahi produk-produk lokal dengan bermitra dengan Smesco. Selain saya bisa membeli hanya dengan sekali klik, juga bangga bisa memakai produk lokal berkualitas. Nanti saya akan beli blankon dari blibli.com dan bisa pakai tanpa harus belibet dengan kain. (Uwan Urwan)



Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Competrition #BlibliGaleriIndonesia yang diselenggarakan oleh Blibli.com

3 comments:

Anonymous said...

di Solo banyak blankon....

uwanurwan said...

heheh tempatnya emang di situ

Ria Tumimomor said...

produksi lokal memang keren dan lbh pas ke kantong pembeli, tanpa mengurangi kualitas produknya ^_^