Sakit Tiroid Jangan Diabaikan

June 06, 2016

Berdasarkan penelitian Kumar Puspanadzan Livin tahun 2015, 17 juta penduduk Indonesia menderita penyakit ganggun tiroid. Sementara itu kelenjar tiroid memiliki peran sangat penting dalam metabolisme tubuh.

Kelenjar Tiroid (kredit: www.amazine.co)
Kelenjar tiroid terletak di dalam leher bawah jakun. Tiroid menghasilkan hormon yaag memengaruhi setiap sel, jaringan, dan tubuh manusia. Kerja kelenjar tiroid dikendalikan oleh otak, sehingga jika kekurangan atau kelebihan hormon tiroid, otak akan merangsang kelenjar tiroid untuk menyesuaikan kinerjanya agar kadar hormon seimbang.

Pada anak-anak, hormon tiroid punya peran penting untuk perkembangan otak dan tumbuh kembang. Nah, bisa kamu bayangkan jika manusia dewasa terutama anak-anak mengalami gangguan tiroid? Pada anak, perkembangan otaknya akan terganggu. Padahal semestinya otaknya berkembang hingga titik maksimal.

Gangguan tiroid serius pada bayi baru lahir dapat menyebabkan kelainan retardasi mental, pada anak terganggu tumbuh kembang dan perilakunya, pada dewasa dapat menyebabkan risiko gangguan kesehatan jantung, osteoporosis, dan kemandulan, serta pada ibu hamil dapat menyebabkan keguguran, lahir prematur, dan gangguan pertumbuhaan pada janin. Cukup mengerikan jika gangguan tiroid ini tidak diatasi dengan baik. Apalagi gangguan tiroid oleh masyarakat bukan penyakit berbahaya, padahal sebenarnya mengganggu sistem di dalam tubuh manusia.

Terdapat dua kelainan fungsi tiroid, yaitu hipertiroid dan hipotiroid. Hipertiroid dalah keadaan di mana kelenjar tiroid terlampau aktif sehingga hormon yang dihasilkan berlebih. Gejala umum biasanya penderita kurus, gelisah dan terlalu aktif, mudah tersinggung, sering lapar, serta banyak makan tetapi tetap saja kehilangan berat badan. Kebalikannya hipotiroid. Hipotiroid adalah kondisi di mana kelenjar tiroid kurang aktif, sehingga hormon tiroid yang dihasilkan sangat rendah. Akibatnya penderita bergerak dan tumbuhnya lambat, sering lelah dan lamban, kulitnya teras dingin dan detak jantungnya lambat dibandingkan dengan kondisi normal. Selain hipertiroid dan hipotiroid, gangguan tiroid juga berupa gondok (struma) di mana kelenjar tiroid membesar, kanker tiroid, dan peradangan (tiroiditis).

Untuk mendeteksi secara dini, biasanya dokter melakukan skrining bayi baru lahir dalam 48 jam kelahiran, pada dewasa dengan penilaian mandiri. Jika ditemukan gejala, segera periksakan diri ke rumah sakit terdekat. Jangan takut, sebab pengobatan gangguan tiroid efektif dan murah. (Uwan Urwan)

You Might Also Like

1 komentar

Sangat senang kalau kamu berkenan meninggalkan komentar di sini. Kamu jaga kesehatan ya. 💪

Instagram